Rekomendasi AI dan Aplikasi untuk Memudahkan Tugas Mahasiswa

Hidup di era digital membuat berbagai aspek menjadi lebih mudah dan praktis. Kecanggihan teknologi banyak membantu manusia menyelesaikan pekerjaan. Salah satu contohnya adalah Artificial Intelligence (AI) yang semakin banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Namun, sebagian dari kalian mungkin hanya mengenal ChatGPT. Padahal, masih banyak tools lain yang bisa mempermudah kalian dalam menyelesaikan tugas. Apa saja tools tersebut? Yuk, simak tulisan berikut


AI untuk Membantu Tugas Mahasiswa

Diberi banyak tugas yang menumpuk? AI hadir untuk membantu. Namun, jangan lupa untuk selalu mengecek kembali hasilnya ya!

Perplexity AI

Perplexity adalah salah satu AI yang memudahkan penggunanya mencari informasi secara real-time. Sekilas mungkin terlihat mirip dengan ChatGPT, namun keduanya berbeda. Perplexity AI menyajikan jawaban yang lebih mudah dipahami dan komprehensif dibandingkan ChatGPT. Selain itu, hasil pencarian ditampilkan berdasarkan sumber yang kredibel, jadi kalian tidak perlu khawatir dengan keakuratan informasinya. Menariknya, Perplexity AI juga memberikan rekomendasi pertanyaan yang relevan dengan pencarian kalian, sehingga kalian dapat mengeksplorasi lebih dalam suatu topik atau informasi.

Humata.ai

Humata.ai mirip dengan Perplexity AI, menyediakan fitur tanya jawab instan dengan hasil pencarian yang lebih akurat dan relevan. Fitur unggulan Humata AI adalah PDF-assistant yang membantu mencermati isi jurnal dan menyajikan jawaban berdasarkan jurnal penelitian yang sedang diulas. Sangat bermanfaat untuk efisiensi waktu.

Writesonic.com

Writesonic adalah tools yang membantu menulis artikel SEO friendly, email, blog, dan berbagai jenis tulisan lainnya dengan mudah. Dengan AI ini, kamu bisa menghemat waktu dalam mengerjakan tugas tulisan hanya dengan memasukkan keyword atau deskripsi singkat sesuai ide konten atau artikel yang ingin dibuat. Writesonic akan menampilkan artikelmu secara utuh. Segera coba, ya!

Scite.ai

Jika sedang melakukan penelitian, tools AI ini bisa membantu mencari referensi. Kamu hanya perlu memasukkan kata kunci, kemudian Scite.ai akan menampilkan jurnal sesuai kata kunci tersebut. Penggunaannya sangat mudah, bukan?

Elicit.com

Elicit.com membantu menyelesaikan tugas-tugas penelitian yang memakan waktu, seperti meringkas makalah atau mengekstrak data. Tools AI ini juga mempermudah kalian memetakan hasil penelitian yang relevan dengan penelitian yang sedang dilakukan.

Otter.ai

Untuk kamu yang sering tertinggal penjelasan dari dosen, tools ini sangat berguna. Otter.ai dapat mentranskrip rekaman audio menjadi teks dengan cepat dan mudah. Keunggulan Otter.ai adalah terintegrasi dengan aplikasi online meeting, sehingga setelah meeting selesai kamu bisa mendapatkan poin-poin pembahasan selama meeting serta tangkapan layar dari slide presentasi yang ditampilkan.

Wolfram Alpha

Jika sering pusing mengerjakan soal hitungan, website ini dapat menjadi penolong. Wolfram Alpha menyediakan banyak fitur yang memudahkan menyelesaikan soal matematika hanya dengan memasukkan pertanyaan. Wolfram Alpha akan menampilkan penyelesaian dari soal yang diajukan. Tidak hanya matematika, kamu juga bisa mencari jawaban dari berbagai persoalan mulai dari sains, ilmu sosial, hingga kehidupan sehari-hari seperti kesehatan pribadi dan keuangan pribadi.

Quillbot

Ketika membuat tulisan ilmiah tentu harus lolos plagiarisme, kan? Quillbot bisa membantu parafrase dengan banyak pilihan bahasa yang tersedia. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tools ini untuk meringkas paragraf yang panjang, cek grammar, sitasi, hingga translate.

GPTZero

Meskipun artikel ini memberikan banyak rekomendasi tools AI, jangan hanya copy-paste jawaban yang diberikan! Ada tools GPTZero yang bisa mendeteksi apakah tulisanmu buatan sendiri atau AI. Cara menggunakan tools ini mudah, cukup menyalin teks atau mengunggah file yang ingin dicek. GPTZero akan menampilkan hasilnya dalam bentuk persentase.


Aplikasi untuk Membantu Tugas Mahasiswa

Berikut rekomendasi aplikasi yang dapat memudahkan kehidupan kuliahmu:


Notion

Selain menggunakan tools AI untuk meningkatkan produktivitas, kamu bisa menggunakan aplikasi Notion sebagai all-in-one workspace. Aplikasi ini dapat membantu membuat catatan, to-do list, hingga kolaborasi kerja dengan teman melalui fitur task dan project.

Zotero

Jika kamu sering berkutat dengan tugas tulisan seperti paper, aplikasi ini bisa menjadi senjatamu dalam membuat sitasi dengan gaya penulisan yang lengkap seperti APA, AMA, MLA, dan lain sebagainya.

Mendeley

Aplikasi ini mungkin sudah familiar di telinga sebagian mahasiswa. Mendeley dapat membantu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitasi serta daftar pustaka. Jadi, kamu tak perlu ribet lagi membuat daftar pustaka secara manual.


Website untuk Membantu Tugas Mahasiswa

Berikut beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi kesalahan pengetikan atau typo:

Grammarly

Sesuai namanya, website ini digunakan untuk mengecek grammar atau tata bahasa teks berbahasa Inggris. Selain tata bahasa, Grammarly juga dapat memeriksa ejaan dan memperbaiki typo. Sangat membantu dalam hal proofreading sebelum tulisanmu dikumpulkan ke dosen.

DeepL

DeepL cocok digunakan sebagai alat penerjemah ketika mendapatkan tugas atau harus memahami referensi berbahasa Inggris. Website ini dapat menerjemahkan teks dengan akurat dan mudah dipahami karena menggunakan gaya bahasa sehari-hari.

Plagiarism Checker

Last but not least, kamu bisa memanfaatkan website Plagiarism Checker untuk memastikan tugas tulisan yang telah kamu kerjakan adalah karya orisinil dan tidak menjiplak tulisan milik orang lain. Jangan sampai tugasmu terdeteksi meniru karya orang lain tanpa izin dari yang bersangkutan setelah diserahkan ke dosen.

Nah, itu tadi sederet tools AI dan aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk memudahkan dalam mengerjakan tugas. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya!